Kamis, 10 Januari 2013

malam sunah

Sering kita dengar atau kita jumpai istilah "Sunnah Rasul" pada
malam Jum'at bahkan tiap malam Jum'at pasti ada status di
facebook yang menyebut tentang "Sunnah Rasul" tersebut (yang
dimaksud hubungan suami istri). Waktu saya naik bus dalam
perjalanan ke Solo pun pernah mendengar serombongan orang
bergurau tentang Sunnah Rasul pada malam Jum'at tersebut.
Sebenarnya ada apa pada malam Jum'at? Saya yakin yang bilang
adanya sunnah Rasul pada malam Jum'at tersebut sebagian besar
hanya sekedar ikut-ikutan omongan orang saja, karena dari sekian
banyak omongan dan tulisan tentang sunnah Rasul pada hari
Jum'at tersebut tak satupun yang menunjukkan dalilnya. Padahal
yang namanya sunnah Rasul itu pasti pernah dicontohkan nabi
kita Muhammad SAW. Setahu saya kalau untuk urusan ibadah
harus ada dalilnya baik dari Al Qur'an maupun sunnah Rasulullah,
sebaik-baik ibadah itu adalah ibadah yang dicontohkan Rasulullah.
Sedangkan untuk urusan duniawi semuanya boleh kecuali jika ada
larangannya.
Kembali pada bahasan sunnah Rasul pada malam Jum'at tersebut,
berikut ini saya cantumkan sebuah hadits Rasulullah SAW
Dari Abu Hurairah, dari Nabi SAW beliau bersabda, "Janganlah
kamu khususkan malam Jum'at dari malam yang lain untuk
shalat dan janganlah kamu khususkan hari Jum'at dari hari
yang lain untuk berpuasa, kecuali seseorang diantara kamu
berpuasa padanya (tidak mengkhususkan hari Jum’at)". [HR.
Muslim juz 2, hal. 801]
Itulah salah satu hadits tentang tidak mengkhususkannya malam/
hari Jum'at untuk melakukan ibadah sholat dan puasa. Sedangkan
yang sering disebut-sebut orang tentang sunah Rasul pada malam
Jum'at tersebut saya belum pernah dibacakan atau ditunjukkan
dalilnya, untuk itu saya tidak ikut-ikutan mengamalkannya. Namun
begitu bagi yang selalu menjalankan amalan-amalan pada malam
Jum'at tersebut silahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar